eBrosur 2016 | Program Studi Magister Ilmu Fisika | Dept Fisika FMIPA-UI

Category: Magister_Fisika
Published: Sunday, 29 May 2016
Written by La Ode Husein

Eksplorasi Geotermal

Category: Magister_Fisika
Published: Saturday, 28 May 2016
Written by La Ode Husein

Kajian di Kekhususan Eksplorasi Geothermal berkaitan dengan aplikasi ilmu fisika untuk memahami kondisi reservoir geotermal bumi. Penelitian mahasiswa dan dosen diarahkan pada bagaimana menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh industri geothermal, baik pada bidang eksplorasi maupun monitoring sistem geothermal. Untuk bidang eksplorasi, fokus penelitian diarahkan pada bagaimana mengembangkan metodologi (teknologi) untuk dapat menaikkan drilling success ratio. Sementara arah penelitian di bidang monitoring lebih difokuskan pada bagaimana mengembangkan metodologi (teknologi) untuk memetakan fluida reinjeksi. Pengembangan teknologi EM 3-dimensi menjadi trending topic di bidang ini. Penelitian bidang ini berhasil mengembangkan inversi 3-dimensi data magnetotellurik dan analisis fraktur berdasarkan data magnetotellurik. Topik penelitian yang sedang menjadi trend dan dikembangkan oleh Kekhususan Eksplorasi geothermal adalah pengembangan metode mikroseismik untuk eksplorasi dan monitoring reservoir getermal.

 

Personil

1

Dr. Abdul Haris

2

Dr. Yunus Daud

3

Dr. Supriyanto Suparno

4

Dr. Yayan Sopyan

5

Samsu Rosyid, M.T.

 

Fisika Medis & Biofisika

Category: Magister_Fisika
Published: Saturday, 28 May 2016
Written by La Ode Husein

Penelitian dosen dan mahasiswa pada peminatan Fisika Medis merupakan pemanfaatan aplikasi ilmu fisika dan biofisika dalam aplikasi medis. Pendekatan utama yang digunakan dalam penelitian sesuai dengan kebutuhan layanan fisika medis di rumah sakit. Sejauh ini, layanan fisika di rumah sakit masih sangat minimum, sehingga pemikiran baru sangat diperlukan. Penelitian Peminatan Fisika Medis sebagian besar masuk kelompok bidang Radioterapi, Radiologi Diagnostik, dan Kedokteran Nuklir. Sebagian kecil penelitian lainnya berkaitan dengan Biofisika, utamanya Biomaterial dan Material Biologi Manusia. Penelitian dapat merupakan kajian eksperimen dan juga teori. Judul penelitian umumnya merupakan inovasi dosen pembimbing. Penelitian Fisika Radioterapi berhubungan erat dengan optimasi perlakuan terapi kanker, dosimetri, QA peralatan, dan simulasi Monte Carlo. Dalam bidang Fisika Radiologi Diagnostik yang sering pula dikenal dengan Fisika Pencitraan, penelitian berhubungan antara lain dengan kualitas citra, dosimetri, QA peralatan, dan optimasi pemeriksaan pencitraan. Dalam bidang Fisika Kedokteran Nuklir, penelitian berkaitan antara lain dengan kualitas citra, dosimetri internal, biodistribusi, QA peralatan. Secara bertahap jenis peralatan penelitian dengan teknologi baru di laboratorium Peminatan Fisika Medis Departemen Fisika FMIPA UI meningkat berkat bantuan IAEA (Internasional Atomic Energy Agency) melalui BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional). Di samping itu, berbagai peralatan medis dengan teknologi mutakhir telah tersedia di berbagai rumah sakit di Jakarta. Oleh karena itu, semua peralatan fisika dan medis yang tersedia menumbuhkan berbagai inovasi baru dalam penelitian. Untuk informasi, saat ini sedang dilakukan beberapa penelitian yang mendukung pengembangan inovasi baru berkaitan dengan terapi kanker dan pencitraan medis dengan medan listrik. Penelitian biofisika diarahkan untuk produksi biomaterial dan juga mempelajari karakter berbagai material biologi manusia.

 

Personil

1

Prof. Dr. Djarwani S. Soejoko

2

Dr. rer. nat. M. Musbach

3

Supriyanto Ardjo Pawiro, M.Si, Ph.D

4

Dr. Nurlely

Geofisika Reservoar

Category: Magister_Fisika
Published: Saturday, 28 May 2016
Written by La Ode Husein

Kajian di Kekhususan Geofisika Reservoir berkaitan dengan aplikasi ilmu fisika untuk memahami kondisi reservoir bumi. Penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa memiliki keterkaitan erat dengan kebutuhan problem-solving dalam dunia industri migas. Permasalahan karakterisasi reservoir dengan mengintegrasikan data geosains dan data sumur menjadi topik utama penelitian di kekhususan ini. Lebih jauh lagi, tema-tema yang menjadi fokus penelitian di antaranya analisis numerik data geofisika, pengembangan inversi data seismik, dan karakterisasi reservoir dengan optimalisasi data sumur dan data seismik. Geostatistik juga menjadi tema penelitian yang saat ini terus dikembangkan. Saat ini, penelitian terkait shale gas sedang menjadi trend penelitian di dunia migas. Karea itu, program Kekhususan Geofisika Reservoir juga terus melakukan pengembangan riset ke arah ini. Penelitian ke arah optimalisasi metode elektromagnetik (EM) untuk karakterisasi reservoir juga terus ditekuni.

 

Personil

1

Dr. Abdul Haris

2

Dr. Yunus Daud

3

Dr. Supriyanto Suparno

4

Dr. Yayan Sopyan

5

Samsu Rosyid, M.T.

Instrumentasi

Category: Magister_Fisika
Published: Saturday, 28 May 2016
Written by La Ode Husein

Bidang kajian di kekhususan fisika instrumentasi berkaitan dengan penerapan ilmu fisika di bidang instrumentasi. Dalam peminatan Instrumentasi telah dilakukan penelitian dengan menerapkan teknik akuisisi data (data acquisition) dan pengolahan sinyal digital (digital signal processing), serta kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk mendeteksi dan mengklasifikasi beberapa jenis ketidaknormalan (malfunction) peralatan/mesin, seperti motor, pendingin ruangan, pompa, dan lain-lain, berdasarkan getaran yang dihasilkan oleh mesin/peralatan tersebut. Kecerdasan buatan (artificial intelligence) telah menjadi salah satu metode yang relatif  baru untuk memecahkan berbagai persoalan rumit (ill-posed problem) dalam pengolahan data dan pengambilan keputusan. Metode ini menyebabkan beban komputasi (computational load) yang relatif tinggi, untuk itu perlu perangkat keras (hardware) yang lebih memadai dari microprocessor maupun microcontroller yang umum digunakan dalam bidang instrumentasi. Field Programmable Gate Array (FPGA) adalah salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Personil

1

Prof. BEF. da Silva

2

Dr. Santoso Sukirno

3

Sastra Kusuma Wijaya, Ph.D

4

Prawito Prajitno, Ph.D

5

Dr. Cuk Imawan

6

Dr. Adhi Harmoko

7

Dr. Martarizal

8

Dr. Djati Handoko

9

Dr. Arief Sudarmadji